Menonaktifkan AutoRun

Baru-baru ini aja komputernya temanku kena virus, kejadiannya ketika dia pulang dari warnet dan memasukkan flashdisknya ke komputer, tiba-tiba komputernya fungsi-fungsi seperti menu run, folder option hilang dan komputernya jadi berat, setelah tak lihat-lihat komputernya positif kena virus, padahal flashdisknya belum sempat di buka virusnya sudah berkerja, aku jadi ingat ketika pernah baca di majalah komputer fitur autorun merupakan media perantara virus dalam menyerang. Untungnya dengan antivirus lokal PCMAV, virusnya dapat dideteksi (lupa nama virusnya). Sejak kejadian itu fitur autorun dikomputerku tak hilangkan agar mempersulit serangan virus, Jika Anda merasa takut dengan fitur autorun di komputer, fitur autorun ini dapat dihilangkan.

Cara pertama pilih menu run dan ketik gpedit.msc, setelah muncul pilih Administartive Templates-System, kemudian lihat sebelah kanan, cari tulisan Turn Off AutoPlay, klik ganda dan pilih opsi kedua Enabled, restart komputer Anda untuk mencoba apakah fitur autorun sudah hilang atau belum.

Cara kedua masuk ke registry editor, caranya pilih menu run dan ketik regedit, setelah muncul pilih subkey
HKEY_LOCAL_MACHINE_\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\CDRom, lihat sebelah kanan dan cari tulisan AutoRun, klik ganda, ubah nilai angka 1 menjadi angka 0, restart komputer untuk melihat perubahannya.

(hati-hati dalam memodifikasi registry jika salah komputer Anda malah gak bisa nyala)

Leave a Reply