Survei dari Nielsen mengenai perilaku konsumen digital di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, mengungkapkan penduduk Indonesia menghabiskan rata-rata 14 jam per minggu untuk online di internet atau rata-rata 2 jam sehari.
"Jumlah itu mendekati perilaku konsumen untuk menonton televisi sebanyak 20 jam 18 menit seminggu," ungkap Direktur Telecom Practice Nielsen Indonesia, Viraj Juthani di Jakarta, Rabu (15/11/2011).
Ini berarti masih banyak penduduk Indonesia lebih menyukai menonton televisi daripada browsing di internet. Viraj juga menyatakan bahwa, setelah menonton televisi, masyarakat Indonesia biasanya langsung browsing melalui internet.
Dalam sebulan terakhir, survei itu mengungkapkan, sekitar 73 persen pengguna mengakses internet melalui ponsel mereka sendiri dan 78 persen dari mereka telah memiliki smartphone untuk melakukannya.
"Ketersediaan perangkat internet yang lebih baik mendorong penggunaan media digital di Indonesia dan bisa mengubah perilaku konsumen dalam menggunakan media," tambah Viraj.
sumber: http://tekno.kompas.com